Memang tidak semua perusahaan memberika bonus akhir tahun kepada karyawannya, namun tidak sedikit pula perusahaan yang mampu memberikan bonus akhir tahun demi menjaga adanya hubungan loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.

Nah jika kamu salah satu karyawan yang setiap tahunnya mendapatkan bonus akhir tahun, jangan samapi salah memanfaatkannya ya, ada baiknya kamu gunakan untuk hal-hal penting agar kondisi finacial mu tetap sehat. Yuk simak tipsnya tepat dan cermat dalam memanfaatkan bonus akhir tahun dibawah ini :

  1. Melunasi hutang
    Jika kamu memiliki hutang dengan bank atau pun dengan per orangan, sebainya anda memiliki pedoman bahwa bonus akhir tahun yang diterima ada baiknya kamu gunakan untuk membayar atau bahkan untuk melunasi hutang jika memungkinkan, sehingga gaji setiap bulan ke depan nantinya setidaknya tidak akan berkurang banyak untuk menyicil hutang yang ada.
  2. Putar sebagai investasi
    Karena uang ini mudah sekali habis jika penggunaanya kurang tepat, sebaiknya sisihkan untuk berinvestasi. Namun harus waspada saat memilih investasi. Karena apabila salah memilih, justru kerugianlah yang anda terima.
  3. Sebagai tambahan modal usaha sampingan
    Jika anda seorang karyawan sekaligus memiliki usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekedar untuk kesibukan istrik dirumah, jangan lupa menyiapkan uang untuk modal tambahan usaha. Uang ini manfaatnya sangat dirasakan sewaktu anda ingin melebarkan usaha sampingan. Dengan begitu tidak perlu lagi mencari tambahan modal melalui hutang bank atau menggadaikan barang.
  4. Alihkan sebagai dana darurat
    Perencanaan keuangan yang matang sebaiknya dimiiliki oleh setiap orang. Selain menyiapkan uang untuk kebutuhan rutin, anda juga harus menyiapkan kebutuhan darurat yang dapat terjadi kapan saja. Dengan adanya dana darurat, anda tidak lagi khawatir bila suatu saat terjadi hal yang diluar dugaan anda.

Bonus tahunan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawannya, nyatanya memiliki dampak penting terhadap kinerja yang dihasilkan, dengan adanya bonus sangat memungkinkan pula seorang karyawan akan memiliki kontribusi yang baik bagi kemajuan perusahaan.