Ciri khas ini bisa Anda lihat dari bagian-bagian sel tumbuhan. Ada beberapa ciri yang membuat sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan. Perbedaan itu sangat condong terlihat dari organel serta struktur luarnya.

Ciri-Ciri Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang mana sel hewan tidak memilikinya, sel tumbuhan juga punya plasmodesmata, kloroplas dan oragnel yang tidak dimiliki hewan lainnya.

Tapi mereka juga punya kesamaan, itu terletak pada strukturnya juga, seperti sitoskeleton, sitoplasma, vakuola, mitokondria, badan golgi, nukleus, peroksisom dan retikulum endoplasma. Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki organel tersebut dengan fungsi yang sama pula.

Ciri-Ciri Sel Tumbuhan

Ada beberapa ciri sel tumbuhan yang perlu Anda ketahui. Ini lah beberapa ciri paling utama dari sel tumbuhan.

  • Mempunyai dinding sel

Keberadaan dinding sel tumbuhan berguna untuk melindungi tumbuhan dari berbagai bahaya di luar sana. Dinding sel hanya dimiliki tumbuhan. Ia bertekstur keras, kokoh, dan bisa berdiri tegak meski tidak memiliki susunan tulang.

Karena keberadaan dinding sel ini juga, membuat tumbuhan tidak bisa bergerak seperti hewan.

  • Mempunyai kloroplas

Kloroplas membantu tumbuhan melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanannya sendiri. Kloroplas mengubah cahaya matahari menjadi glukosa atau energi. Itu adalah cara tanaman menghasilkan energinya sendiri melalui makanan yang diolahnya.

Tumbuhan juga bersifat autotrof, yaitu mengolah makanannya tanpa bantuan organisme lain. Tidak seperti hewan yang cara makannya dengan mengkonsumsi organisme lain baik itu tumbuhan maupun hewan lainnya.

  • Mempunyai ukuran Vakuola lebih besar dibanding sel lainnya

Hewan memang punya Vakuola, tapi jumlah atau ukurannya sangat kecil. Sementara Vakuola pada tumbuhan, berukuran lebih besar bahkan volumenya itu memakan bagian paling luas dibanding organel lain.

Vakuola pada tumbuhan sangat berperan penting dalam memasukkan air melalui tonoplas, juga berperan dalam tumbuh kembang tumbuhan tersebut.

  • Memiliki Plasmodesmata

Plasmodesmata adalah lubang kecil yang ada di dinding sel yang dapat menyerap air, oksigen dan CO2. Juga dikenal sebagai jalur komunikasi sel ke sel khusus yang terjadi dalam bentuk pori-pori di dinding sel.

Itu lah beberapa ciri yang membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.