Dalam setiap pelajaran pasti terdapat bidang ilmu matematika yang harus dipelajari. Dalam hal ini, matematika memiliki berbagai tema, salah satunya soal cerita. Terkadang membutuhkan ketelitian untuk memahami pertanyaan dan hal yang diketahui dalam soal cerita matematika.

Oleh karena itu artikel ini menyediakan contoh yang dapat Anda pelajari sebagai salah satu alat untuk belajar dirumah.

Pengertian Soal Cerita Matematika

Soal cerita matematika merupakan soal yang disajikan dalam bentuk rangkaian kalimat atau cerita yang berhubungan dengan realitas sosial seseorang. Dimana dalam kehidupan seseorang pasti terjadi permasalahan yang perlu dipecahkan, dalam hal ini soal cerita mengandung unsur perhitungan dalam matematika.

Dengan soal cerita ini, Anda dituntut untuk mengolah kalimat menjadi kalkulasi dan menganalisis. Hal ini tentu berhubungan dengan tanda operasi hitung dalam matematika yang telah dipelajari. Adapun tujuan adanya soal cerita ini agar dapat melatih untuk berpikir deduktif, membiasakan diri melatih kehidupan dengan matematika, dan memperkuat pemahaman tentang aspek tertentu dalam matematika.

Contoh Soal Cerita Matematika

Seorang pedagang property menjual lemari kecil dengan harga Rp. 290.000. berapakah jumlah uang yang dibayarkan pembeli pada pedagang mebel tersebut jika kursi lipat itu dijual dengan diskon 20%?

Rp. 348.000

Rp. 332.000

Rp. 330.000

Rp. 258.000

Rp. 232.000

Jawaban : E

  • Tuan Ari mengajukan kredit di Bank Mandiri Rp. 20.000.000 dengan jatuh tempo selama 2 tahun. Bank memotong untuk bunga yang dibayar di muka sebesar 2,5 juta, biaya notaris 800 ribu, biaya asuransi dan administrasi masing-masing 250 ribu. Dari penjelasan tersebut, berapakah bunga yang diterima?
  • 12,5 %
  • 16,5 %
  • 17,75%
  • 19 %
  • 19,5 %

Jawaban : A

Penjelasan tentang soal cerita matematika beserta contoh di atas dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk belajar dan memahami ilmu matematika. Pastikan untuk mempelajarinya dirumah agar dapat mempraktikkan kehidupan sehari-hari dengan kalkulasi matematika yang telah dijabarkan di atas. Semoga berhasil!