Tips Beternak Ikan Lele Tanpa Kolam – Bisnis budidaya ikan lele kini semakin menjadi primadona mengingat permintaan pasar akan kesediaan ikan lele yang terus meningkat. Melihat peluang pasar yang sangat tinggi, banyak orang mencoba budidaya ikan lele.

Tips Beternak Ikan Lele Tanpa Kolam

Sayangnya, keterbatasan lahan tanah membuat orang membatalkan niat tersebut. Padahal, ternak lele ternyata bisa dilakukan menggunakan terpal. Hasil yang diperoleh pun cukup efektif dan tidak kalah dengan budidaya lele via kolam tanah. Karena cukup menggunakan terpal, Anda bahkan dapat membudidayakan ikan air tawar ini di rumah.

Tips Beternak Ikan Lele Tanpa Kolam

1. Membuat Kolam Terpal

Tahap pertama dalam membuat kolam dari terpal adalah memastikan terpal dalam keadaan bersih. Anda bisa membersihkan terpal menggunakan sabun dan keringkan sebelum diisi air. Setelah terpal siap, berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

  • Buat terpal agar menyerupai kolam. Untuk sisi yang mengelilingi kolam, Anda bisa mendirikan terpal menggunakan penyangga besi. Selain itu, batako yang disusun mengelilingi kolam juga bisa digunakan untuk membuat terpal berdiri tegak.
  • Terpal diisi air bersih. Ketinggian air setidaknya 20 hingga 30 cm
  • Air dalam kolam kemudian didiamkan selama 7 hingga 10 hari agar fitoplankton dan lumut terbentuk. Setelah terbentuk, Anda bisa menambahkan air sampai ketinggian mencapai 80 hingga 90 cm
  • Supaya bau air kolam berkurang, Anda bisa menambahkan irisan daun singkong serta daun papaya.

2. Memilih Bibit Lele Unggul

Selanjutnya adalah mempersiapkan bibit. Persiapan bibit dimulai dengan memilih bibit yang unggul. Kriteria bibit lele unggul adalah yang berukuran besar dan sehat. Anda juga bisa melihat gerakan bibit lele apakah gesit saat diberi makan atau tidak. Bibit yang unggul akan bergerak gesit saat diberi makan.

3. Menebar Bibit dengan Benar

Menebar bibit yang benar adalah tebarkan bibit sebagiannya saja dan jangan bersama-sama. Bibit disebar menggunakan ember yang telah diisi dengan bibit tersebut ke dalam kolam.

Kandungan zat gizi lele yang tinggi namun harganya yang murah menjadikan lele sebagai salah satu opsi makanan sehat sehari-hari. Anda dapat menemukan lebih banyak tips beternak melalui situs duniapeternakan.com